Top! PNS Punya Kartu Kredit Pemerintah, Biaya Transaksi Nol

Infografis, Mengenal Kartu Kredit Pemerintah, Bisa Untuk Apa Aja? Cek Disini

Bank Indonesia (BI) resmi meluncurkan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) Domestik di sela-sela Opening Ceremony Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2023 pada Senin (8/5/2023). Peluncuran ini merupakan peluncuran fisik KKP domestik yang pada Agustus tahun lalu didahului oleh peluncurannya dengan sistem transaksi online.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan bahwa kartu kredit ini saat ini digunakan oleh pemerintah pusat, kementerian, lembaga, hingga pemerintah daerah (pemda) dengan biaya transaksi nol persen.

“Enggak ada biaya bagi pemerintahan, biaya transaksi dan lain-lain itu, enggak ada,” papar Perry, dikutip Selasa (9/5/2023).

KKP domestik ini tidak menggunakan visa dan mastercard, namun menggunakan gerbang pembayaran nasional (GPN). Oleh karena itu, Perry memastikan bahwa KKP ini adalah bagian dari gerakan bangga buatan Indonesia. KKP Domestik dapat memfasilitasi belanja pengadaan pemerintah melalui platform yang disediakan secara terpusat oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), seperti toko daring.

Selain itu, KKP Domestik juga dilengkapi oleh interkoneksi QRIS yang didukung oleh 85 penyelenggara dan 20,3 juta merchant yang 90 persen adalah UMKM.

Seperti diketahui, pada 29 Agustus 2022 lalu, Presiden Joko Widodo meluncurkan KKP domestik yang efektif diimplementasikan mulai tanggal 1 September 2022. Melansir dari laman resmi Bank Indonesia, KKP domestik merupakan skema pembayaran domestik berbasis fasilitas kredit untuk memfasilitasi transaksi pemerintah pusat dan daerah dalam bentuk Kartu Kredit Pemerintah yang diproses secara domestik.

Tahun lalu, KKP domestik masih menggunakan mekanisme QRIS berbasis sumber dana kredit sehingga seluruh transaksi diproses di dalam negeri. Penerbitan KKP Domestik pada tahap awal dilakukan oleh HIMBARA, yakni BNI, BRI dan Bank Mandiri, yang selanjutnya akan diperluas ke Bank Pembangunan Daerah (BPD) secara bertahap. Baru pada Mei tahun ini, KKP domestik akan diterbitkan dalam bentuk fisik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*