Melantai Perdana, Saham MPLX Terbang 34%, Punya Siapa?

pembukaan bursa saham

Emiten yang bergerak di bidang pengangkutan dan perdagangan, PT MPX Logistics International Tbk. (MPXL) resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai emiten ke-29 tahun ini.

MPX Logistics International melepas saham perdananya (Initial Public Offering/IPO) sebanyak 400 juta saham ataus etaara dengan 20% dari jumlah seluruh modal yang ditempatkan dan disetor penuh dengan nilai nominal sebesar Rp 25 per saham.

Adapun harga saham yang ditawarkan kepada masyarakat dibandrol Rp 108 per saham. Sehingga nantinya perseroan akan mendapatkan dana segar senilai Rp 43,2 miliar.

Dalam debut perdananya, saham MPXL naik 34,26% atau 37 poin ke level Rp 145 per saham dari harga perdana. Adapun kapitalisasi pasarnya mencapai Rp 290 miliar.

Bersamaan dengan IPO ini, MPXL juga menerbitkan waran seri I sebanyak 80 juta atau setara dengan 5% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh. Waran Seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham baru yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham pada tanggal penjantahan.

Pada setiap pemegang 5 saham baru berhak memperoleh 1 waran seri I dimana setiap 1 waran seri I dapat ditukar dengan 1 saham biasa atas nama. Waran seri I adalah efek yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk melaksanakan pembelian saham biasa atas nama dengan nilai mominal sebesar Rp 25 setiap saham dengan harga pelaksanaan sebesar Rp 368 per saham, yang dapat dilaksanakan setelah pada 6 bulan terhitung sejak waran seri I diterbitkan oleh Perseroan, yaitu mulai tanggal 09 November 2023 sampai dengan 08 Mei 2024.

Pemegang waran seri I tidak mempunyai hak sebagai pemegang saham termasuk hak dividen selama waran seri I tersebut belum dilaksanakan menjadi saham. Apabila waran seri I tidak dilaksanakan sampai habis masa berlakunya, maka waran seri I tersebut menjadi kadaluwarsa, tidak benilai dan tidak berlaku.

Masa berlaku waran seri I tidak dapat diperpanjang lagi. Total hasil pelaksanaan waran seri I adalah sebanyak Rp 29,44 miliar.

Selain itu MPXL juga mengadakan program saham pehawai (Employee Stock Allocation/ESA) sebanyak 2.777.800 saham atau sebanyak 0,69% dari IPO ini.

Untuk memuluskan aksi korporasi ini, perseroan menunjuk PT Panin Sekuritas Tbk sebagai penjamin pelaksana emisi efek perseroan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*