Karyawan Shopee Sejagat Naik Gaji, Ecommerce Lain Boleh Iri

FILE PHOTO: A person walks in front of a sign of Shopee, the e-commerce arm of Southeast Asia's Sea Ltd, at its office in Singapore, March 5, 2021. REUTERS/Edgar Su/File Photo

Perusahaan induk Shopee, Sea Ltd., mengumumkan kenaikan gaji 5 persen untuk semua pegawainya. Kabar baik ini berlaku bagi karyawan Shopee dan Garena di seluruh dunia.

Karyawan Shopee dan Garena yang mulai bekerja sebelum atau pada 31 Maret 2023 diberikan kenaikan gaji 5 persen per Juli, seperti dilaporkan oleh The Edge mengutip Bloomberg.

Pendiri dan CEO Sea Ltd., Forrest Li, mengumumkan sendiri berita gembira lewat memo ke seluruh karyawan.

Li menyatakan kebijakan kenaikan gaji massal ini diambil setelah perusahaan mencapai titik “kemandirian” yang ditandai dengan kas yang terus menggelembung setiap kuartal, titik yang sukses diraih lebih awal dari target.

Pada Maret, Sea mengumumkan laba pertamanya dalam 14 tahun sejak berdiri. Pada kuartal I/2023, Sea membukukan laba bersih US$ 422,8 juta (Rp 6,5 triliun) sepanjang kuartal IV/2022. Pada periode yang sama tahun lalu, Sea melaporkan rugi US$ 616,3 juta.

Keberhasilan induk usaha Shopee dan Garena tersebut adalah pemangkasan biaya penjualan dan pemasaran sebesar US$ 746 juta. Biaya penunjang pendapatan juga menyusut US$ 157 juta.

“Upaya pemangkasan biaya termasuk pembekuan gaji dan penurunan jumlah pegawai memberikan saham Sea dorongan,” kata Jonathan Woo, dari Phillip Securities, seperti dikutip CNBC International.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*