Jokowi Kumpulkan Semua Menteri, Bahas APBN untuk Presiden Baru

Presiden Jokowi mengumpulkan semua menteri di Istana Negara dalam sidang kabinet paripurna untuk membahas sejumlah isu krusial.

 

Jakarta, CNN Indonesia — Presiden┬áJoko Widodo mengumpulkan semua menteri di Istana Negara, Jakarta dalam sidang kabinet paripurna untuk membahas sejumlah isu krusial.
Salah satu pembahasan yang ditekankan Jokowi adalah persiapan transisi kepemimpinan. Dia ingin anak buahnya menyiapkan Rancangan Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025 dengan memperhatikan program presiden terpilih.

“RKP dan kebijakan fiskal adalah jembatan untuk menjaga keseimbangan pembangunan dan mengakomodasi program-program presiden terpilih hasil Pilpres 2024,” kata Jokowi dalam sidang di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/2).

Jokowi mengatakan penyiapan RAPBN 2025 harus menunggu hasil pilpres resmi dari KPU. Hal itu karena APBN 2025 akan dijalankan oleh presiden terpilih.

Hal lain yang ditekankan Jokowi adalah persiapan menyambut Ramadan dan Idulfitri. Dia ingin menteri-menteri memastikan harga kebutuhan pokok.

“Saya minta utamanya menjaga persediaan pangan dan juga stabilitas harga pangan terutama bahan pokok dan juga percepatan pembagian seluruh paket perlindungan sosial dan jarlinsos,” ujarnya.

Jokowi juga menitipkan soal persiapan mudik. Dia ingin mudik tahun ini dikelola dengan baik oleh pemerintah.

“Cek betul persiapan infrastruktur dan moda transportasi yang akan digunakan mudik masyarakat. Saya kira ini tiap tahun kita persiapan karena ini event tahunan,” ujar Jokowi.

Sidang kabinet paripurna adalah rapat bulanan yang digelar pemerintah untuk membahas isu-isu terkini. Sidang hari ini adalah sidang pertama setelah pemungutan suara Pemilu Serentak 2024.

Menteri Pertahanan yang juga calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto turut hadir dalam sidang kali ini.

(dhf/pmg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*