HP Segera Punah, Ini 4 Teknologi Calon Pengganti Smartphone

Steve Park, Materials Science & Engineering professor at Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), demonstrates an electronic tattoo (e-tattoo) on his arm connected with an electrocardiogram (ECG) monitoring system in Daejeon, South Korea, July 26, 2022.   REUTERS/Minwoo Park

Ada ratusan jenis smartphone yang kini dijual di pasaran. Namun tahukah Anda bahwa HP diperkirakan tergantikan dalam waktu dekat.

Sejumlah teknologi diramal bakal menggantikan posisi telepon genggam ini nantinya. Menurut CEO Nokia, Pekka Lundmark, kemungkinan ponsel akan digantikan oleh beberapa perangkat lain di masa depan.

Lundmark memang tak memerinci perangkat mana yang menggantikan HP. Namun hanya menyebut perangkat pengganti ditunjang oleh konektivitas super cepat 6G.

“Pada saat [jaringan 6G] tiba, smartphone yang ada seperti sekarang sudah tidak akan digunakan,” katanya, dikutip dari Mashable, Selasa (21/2/2023).

Lundmark mengatakan HP kemungkinan akan digantikan oleh chip yang tertanam di tubuh manusia. Perangkat tersebut juga ditunjang oleh teknologi AR atau VR yang makin simpel.

Jaringan 5G sendiri baru dirilis beberapa tahun lalu. Lundkmark memperkirakan teknologi 6G baru tersedia pada 2030 mendatang.

1. Tato Elektronik

Tato Elektronik dirancang oleh perusahaan bioteknologi Chaotic Moon. Marca melaporkan teknologi itu akan menganalisa dan mengumpulkan informasi dari tubuh manusia bertujuan untuk mengolah serta menampilkan informasi medis dan olahraga.

Data itu bisa mencegah dan mengendalikan penyakit di tubuh penggunanya. Selain itu diharapkan dapat meningkatkan kinerja fisik serta olahraga melalui tanda-tanda awal.

Tato akan diletakkan pada kulit dengan sensor kecil dan pelacak akan mengirim dan menerima informasi lewat tinta khusus yang menghantarkan listrik. Dengan begitu akan mengirim dan menerima informasi lewat tinta khusus tersebut.

2. Augmented Reality (AR)

Sebelumnya beberapa produsen smartphone memasukkan teknologi ini untuk mendukung kinerja perangkatnya. Namun seiring berkembangnya perangkat lunak AR, perangkat wearable dan kacamata akan membuat pengalaman lebih bisa dipercaya dan efisien.

Raksasa teknologi termasuk Samsung, Facebook, dan Amazon dilaporkan berinvestasi dalam penelitian teknologi AR lebih lanjut. Tahun 2024 mendatang akan ada 50% tampilan yang dipasang di kepala dari teknologi ini.

3. Virtual Reality (VR)

Forbes menyebutkan jika AR disebut mengubah cara menggunakan ponsel, dampak VR akan lebih besar lagi. Smartphone memang telah mendukung penggunaan teknologi ini dengan menghubungkannya pada headset dan mengunduh aplikasi terkait.

Samsung, Microsoft, Nokia dan Intel melakukan investasi besar dalam teknologi VR. Rencananya akan membuat sesuatu yang bisa mengoptimalka teknologi pelacakan mata pada platform VR seluler.

HTC Vive Pre dan Playstation VR merupakan gerbang awal ke taman bermain VR. Dengan kemajuan ini, kemungkinan smartphone tidak diperlukan lagi nantinya saat mengakses ke dunia virtual.

4. Artificial Intelligence Voice Assistants

Teknologi ini sudah bisa digunakan secara terpisah dengan smartphone. Pengguna bisa memberitahu Alexa memesan makanan, bertanya pada Siri untuk mengetahui cuaca dan memerintahkan Cortana membantu navigasi.

Ilmuwan komputer Andrew Ng memperkirakan tahun 2020, ada 50% dari seluruh pencarian dilakukan dengan suara atau gambar. Sementara itu di masa depan kemungkinan kontrol suara AI menjadi cara menjawab pertanyaan di Google, menjadwalkan pertemuan hingga membuat catatan.

Inilah mungkin awal dari kematian smartphone. Pada 2019 penelitian Gartner menyebutkan 20% dari seluruh interaksi dengan smartphone terjadi lewat asisten pribadi virtual, persentase akan tumbuh secara eksponensial seiring kemajuan pada tahun-tahun berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*